A Month Life and A Mom's Life

Hola chicos!

Minggu depan aku udah tepat sebulan di Bontang. Aktivitas monoton dan nggak banyak, sampe kadang males banget kalo ditanya Jaka lagi ngapain soalnya dia pasti udah tau aku lagi baring-baring di kamar main hp atau laptopan nonton youtube. Oya, aku nggak ada ngikutin drama korea semenjak di Bontang. Drama yang terakhir aku ikutin waktu di Balikpapan aja baru didownloadin episodenya tapi ngga pernah disentuh. Niat mau nonton Hwarang baru episode 5 sampe sekarang ngga dilanjutin sampe udah lupa terakhir apa ceritanya. Ada sih kerjaan buat nyiapin berkas CPNS tapi ya gitu gitu aja. Kayak sibuk, padahal ngapain sih?

Aku ceritain lengkap ya. Ini kegiatan sehari-hari yang nggak bakal berubah kecuali weekend. Kalo udah weekend bakalan jadi lebih gabut soalnya Mama libur kerja. Jadi kalo weekdays bangun subuh jam 4, solat subuh dan semua ritualnya terus ngecek hp bentaran dan tidur lagi sampe jam 6. Jam 7 nganter Syifa sekolah, kadang abis nganter aku ngambil jalan terjauh (jauhnya Bontang segimana sih...) biar lama nyampe rumah, sekalian jalan jalan soalnya males kalo mau joging. Habis nganter Syifa nyampe rumah terus bersih-bersih rumah, ya sebatas nyuci piring, nyapu, jemur baju (kalo ada cucian), sama bikin sarapan yang bisa bikin tahan sampe Mama pulang. Pagi sampe sore bener bener full ngurusin adik adik. Buka laptop cuma bisa malem, soalnya kalo malem ada Mama yang nemenin mereka main. Malem pun biasanya aku udah capek jadi mending cuma youtube-an dari hp atau telponan sama Jaka sampe bego. Oya sesekali bantuin Wipa belajar buat SBMPTNnya dia ehe. Yauda aku nggak nunggu kapan aku sibuk, dinikmatin aja gabut gabut ini yang mengingatkanku dengan gabut gabut setelah ujian nasional empat tahun lalu. Gabut gabut emang enak, tapi gabut gabut tak berduit juga tak nyaman ternyata.

Tapi yang agak berbeda dan aku sering banget kepikiran adalah ngurusin tiga adik di rumah. Let me introduce my kiddos first! Ada Syifa (5 tahun, anak TK), Iyak (4 tahun, belom sekolah), dan Aji (14 bulan, still a baby). Tiga bocah ini adalah yang aku urusin setiap harinya bareng sama Wipa. Mama lagi break sementara buat make pengasuh sampai aku udah aktif kerja dan Wipa udah masuk kuliah. Biasanya aku sama Wipa bagi tugas, aku yang ngurusin Syifa dan Iyak terus Wipa yang ngurusin Aji. Sebenernya ngurusin Aji nggak ribet, jam 8 dia bangun dimandiin ntar jam 10 minum susu sambil diayun buat tidur, ntar bangun dan Mama udah pulang. Tapi kalo dia lagi rewel minta keluar rumah mulu ini baru... Beda sama Syifa dan Iyak, mereka emang lagi di fase aktif-aktifnya alias nakal-nakalnya dan nakal dalam level nggak mau dilarang larang. Kalo Syifa masih sekolah ya nggak ribet ngurusin Iyak. Dia bangun terus dimandiin terus dibikinin sarapan, abis itu disetelin youtube atau dia bakalan main sendiri. Tapiii kalo Syifa udah pulang sekolah dan mereka dipersatukan, oh tidak tiap jam ada episode pukul pukulan dan berujung salah satu atau bahkan keduanya nangis kejer.

Dari semua ini aku jadi kepikiran soal menjadi ibu. Kalo lagi jemput Syifa sekolah biasanya aku dateng lebih cepet, duduk duduk di depan kelasnya dia dan mikir, "jadi ibu susah banget sih". Melihat Mama yang kondisinya kerja dan punya tiga anak kecil jadi bikin aku mikir, "fix aku nggak bakal punya anak yang umurnya deketan gini apalagi sampe tiga, kalo bisa ntar yang satu udah mau masuk SMP aja baru adeknya lahir". Aku baru sadar, jadi ibu yang bisa punya waktu sebanyak-banyaknya buat anaknya itu penting banget. Tapi sampe sekarang aku juga nggak kepikiran untuk  berniat nggak bekerja setelah punya anak. Ada temennya Syifa yang tiap hari sampe dijemput sama bapak bapak Grab karena orang tuanya kerja. Aku nggak mau nanti anak aku pulang sekolah nggak bisa aku tanyain tadi abis belajar apa sama bu guru. Aku nggak mau juga anak aku ntar pulang sekolah nggak langsung makan dan tidur siang. Semua itu aku lakuin ke Syifa sekarang. Jemput dari sekolah, ke swalayan beli jajan bentar, makan, abis itu aku paksain tidur siang. Btw Syifa dan Iyak takut banget udahan kalo aku marah-marah.

Hal nggak gampang lainnya dalam menjadi ibu selain memastikan mereka terurus dengan baik dan benar 24/7 adalah memastikan pertumbuhannya. Aku sampai mikir ntar kalo aku di Bontang anak aku mau aku sekolahin dimana, ngaji dimana, les dimana. Aku harus mastiin dia pinter, paling nggak nilainya nggak malu maluin dan bisa masuk sekolah bagus biar gaulnya nggak kampungan - sama kayak rencana orang tuaku sama aku dan adik adikku. Hidup bareng adik adik dalam sehari lebih lama dibanding mereka bareng sama Papa Mama jadi bikin aku ngerefleksikan diri aku sendiri. Apa gini ntar kalo aku jadi ibu? Syifa dan Iyak kalo nggak mau tidur siang aku teriakin, aku matiin wifi biar mereka nggak bisa main, terus aku pantau mereka bener-bener sampe mereka tidur. Jadwal makan mereka juga aku pastiin biar mereka nggak kurus kayak orang tuanya nggak punya duit buat ngasih makan. Kalo mereka udah kelahi sampe nangis kejer, aku cubit atau aku kasih hukuman apapun sampai mereka berenti. Oya, anak anak umur segini juga lagi pinter-pinternya niru, kadang yang jelek di sekolah dibawa Syifa ke rumah terus diikutin sama Iyak. Aku harus mastiin kalo ada yang jelek gimana caranya ngasih tau kalo itu salah dan nggak boleh lagi diikutin. Kayak kemaren, Syifa ngomong pake imbuhan "cok" dibelakang wkwk kagetlah diriku ini.

Ternyata jadi ibu memang nggak gampang. Aku pernah sempat mikir mau punya anak satu aja, tapi ada yang bilang jangan nanti kesepian di hari tua. Yaudah dua atau tiga deh, tapi yang satunya udah gede dulu baru boleh punya adik. Bener bener sampah banget ya kalo ada orang yang berani ngelawan sama ibunya, udah ngelahirin kayak mau mati (eh emang udah ngerasain?), ngurusnya juga sama. Tapi kalo ngelihat Mama yang udah capek habis kerja tapi tetep nggak langsung istirahat jadi bikin aku mikir sesayang itu ibu sama anak-anaknya. Aku juga udah mikir ntar kalo suamiku laper tapi belum ada makanan ya aku suruh bikin sendiri lah, tapi aku nggak pernah mikir aku bakal ngelakuin itu ke anak-anakku. Ternyata mastiin rumah dalam keadaan beres itu emang bener-bener kerjaan ibu. Apapun tugas seorang ibu di luar sana, tetep aja rumah dan isinya adalah tanggung jawab dia dan no excuses buat jadiin kesibukan di luar untuk ngeskip tanggung jawab di rumah. 

Semangat untuk para ibu dan calon ibu! Perempuan emang harus belajar banyak, karena banyak hal yang harus serba bisa dilakukan sama perempuan. Buktiin kalo kita bisa diandalkan sama anak anak kita nanti kalo dia bingung sama pelajarannya, lagi ribut sama temennya, atau lagi pusing dengan dirinya sendiri. Semoga kita bisa berhasil menjadi tempat sandaran terbaik untuk orang-orang yang kita cintai di rumah yang kita bangun nanti.

Chicos adiĆ³s!

Komentar

Popular Posts

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

Asisten Praktikum : Bertransformasi

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)