Balikpapan


Kota ini sama seperti kota-kota lainnya yang pernah aku kunjungi. Jauh lebih ramai, maju, dan menarik dari pada Bontang. Sebelumnya aku merasa tidak ada yang spesial dari kota ini. Aku hanya berfikir mungkin ini adalah salah satu kota yang pernah aku datangi saja, dan kemudian aku akan berpindah ke kota-kota selanjutnya. Dari awal aku memang tidak punya rencana untuk kembali ke Bontang. Dan aku juga tidak pernah berencana untuk bertahan di Balikpapan.

Balikpapan itu lengkap, setidaknya dari pada Bontang. Tapi juga tidak seramai Samarinda atau Surabaya, dimana aku juga pernah menetap disana. Di Balikpapan aku tetap berasa seperti di Bontang. Dulu ketika aku baru sampai di Balikpapan, aku merasa kota ini adalah Bontang dengan versi yang lebih maju. Beberapa bagian membuat aku merasa seperti di Bontang, apalagi di daerah Jalan Minyak. Apa ini alasanku untuk bertahan di Balikpapan?

Sudah tiga tahun aku menetap di Balikpapan, apa karena sudah menghabiskan waktu yang lama jadi enggan untuk pindah? Kenapa kenyamanan Balikpapan terlalu sulit dilepaskan?

Di Balikpapan aku seperti membuat kehidupan yang baru dibanding sebelumnya. Menemukan banyak hal itu pasti. Aku ingin sebutkan tapi kok rasanya hanya seperti cari-cari alasan dan melemahkan keyakinan untuk tidak pulang. Jadi aku tidak jadi menyebutkannya saja. Karena aku sudah terlalu lama mengulur waktu dan membuat alasan-alasan yang tidak bisa diterima, akhirnya aku harus berbesar hati untuk tidak mengikuti apa yang kufikir akan membuatku bahagia. Hanya aku yang fikir, mungkin ada rencana lain yang sudah Allah siapkan buatku.

Agustus 2015 adalah dimulainya kehidupan di Balikpapan. Dan Desember 2018 adalah waktunya menutup cerita di kota ini.

Untuk teman-teman yang sudah hadir mengisi cerita kehidupanku selama di Balikpapan, aku tidak akan lupa. Untuk setiap pelajaran dari kota ini, aku sangat bersyukur bisa mendapatkannya. Untuk orang-orang yang meminta aku untuk tinggal, semoga kita bisa dipertemukan kembali dengan rasa bahagia yang lebih besar dari sekarang. Untuk seseorang yang dengannya aku bisa berbagi apa saja, terima kasih untuk kenangan tahun terakhir di kota ini.

Komentar

Popular Posts

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

Asisten Praktikum : Bertransformasi

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)