83rd Days Update



Salah satu bentuk mencintai diri sendiri adalah dengan selalu dilingkupi perasaan ingin memperbaiki diri dan tidak pernah berhenti belajar.

Sekitar seminggu yang lalu, aku dan Habel ngobrol cukup lama di telpon. Salah satu pembicaraan waktu itu Habel bertanya soal benar atau tidak atau cukup bersyukur saja dengan pilihan yang sudah diambil. Aku menjawab semua pilihan jawaban dengan alasannya masing-masing. Salah satunya adalah ketika aku menjawab benar, alasannya adalah setiap orang sudah punya takdir masing-masing atas jalan hidupnya meskipun kita sudah memilih tapi ada yang lebih kuasa dalam membolak balik hati kita dalam membuat suatu keputusan, mungkin pilihan itu adalah ladang pembelajaran kehidupan kita yang perlu kita lewati. Jawaban yang aku keluarkan seperti otomatis dari kepala membuat diriku sendiri ternyata baru menyadari aku seesensial itu percayanya dengan jalan Tuhan dan mulai mencari cara belajar di tempat yang sekalipun aku nggak pengenin. Alhamdulillah..

Hari ini tepat ke 83 aku di Bontang. Tidak ada yang spesial dengan tanggal ini dan angka 83, hanya lagi pengen nulis aja.

Aku pernah baca bukunya Ust. Felix Siauw yang How to Master your Habits, disitu ditulis kalo kita mau membentuk suatu kebiasaan kita perlu ngelakuin kebiasaan tersebut minimal 40 hari berturut-turut dan jika sebelum 40 hari gagal, kita harus ulang kembali hitungan harinya dari awal. Kenapa 40 hari? Aku juga lupa alasannya. Tapi yang jelas semakin lama mengerjakan suatu kegiatan terus menerus akan menstimulus motorik kita untuk terbiasa mengerjakannya dan akan merasa kurang jika nggak dikerjain. Cara membentuk kebiasaan positif dengan sengaja.

Berhubung udah hari ke 83 (dimana udah lebih dari 40 hari), aku mau berbagi beberapa kegiatan yang mungkin udah bisa aku kategorikan sebagai kebiasaan. Walaupun masih khawatir nggak komit, tapi semoga selalu berusaha komit hehe..

Here is it.

1. Beli barang yang tidak mendesak dibutuhkan. Sewaktu di Balikpapan biasanya setiap bulan ada aja barang baru yang dibeli yang sebenernya nggak semendesak itu dibutuhkan, misalnya beli jilbab padahal udah punya warna yang sama hanya karena kainnya beda aja, beli pouch karena lucu, beli kaos kaki karena lucu (ini paling sering), beli notes notes masih dengan alasan lucu padahal belom tau mau dipake nulis apa, dan sejenisnya. Dan sekarang udah dua bulan nggak pernah melakukan itu lagi. Kalau mau belanja biasanya udah direncanain mau beli apa aja dan bener bener nggak mentolerir keinginan yang muncul on the spot, kadang sampai ngitungin harganya dulu di rumah.

2. Mengurangi jajan di luar. Ini yang paling menguras keuangan sewaktu merantau. Jarang banget makan di rumah (maksutnya masak ya). Mungkin sekarang karena udah di rumah ya. Tapi sebenernya kalo mau memilih tetep jajan di luar alasannya banyak, apalagi orang tua kerja jadi tetep harus effort lebih buat masak sendiri kalo laper atau pengen nyemil. Sekarang aku lebih suka bikin cemilan buat sendiri, misalnya bikin puding, pisang keju, atau tela tela. Udah bener bener jarang banget ngestock jajanan Indomaret kalo bukan karena pengen banget makan. Selain itu, aku jarang nongkrong nongkrong di tempat makan. Kalo ketemuan sama temen-temen we prefer to go outside, kayak ke taman atau tempat outdoor sejenis yang enak buat ngobrol. Untungnya, Bontang punya beberapa pilihan tempat yang mendukung. Aku biasanya udah bawa air minum dari rumah, dan kalo ke cafe udah jarang pesen minuman.

3. Morning activities. Ini adalah hal paling susah dimanage sewaktu kuliah. Apalagi dulu masih sering ada aktivitas sampai malem banget, biasanya besoknya hari baru akan dimulai di jam 10 bahkan jam 12 siang. Makanya biasanya aku minimalisir dengan banyak ngajakin temen main atau tetep ke kampus pagi meskipun nggak ada kuliah supaya tetap ada kegiatan pagi. Kalo udah di rumah magernya kebangetan. Tapi sekarang udah kebiasaan bangun jam 4 atau 5, otomatis kebangun meskipun tidur jam berapapun *bangga*. Setelah orang rumah udah pada pergi kerja atau sekolah, aku nggak mau balik ke kasur goler goler an karena bangunnya bakalan susah lagi. Biasanya aku langsung beres beres rumah dan mandi pagi (dulu bakalan males mandi kalo nggak mau keluar :p). Dan ternyata ada rasa ganjel kalo nggak langsung beres beres abis bangun pagi.

4. Mengurangi penggunaan media sosial. Terkhusus Instagram, aku udah mulai nggak pake sekitar sebulan ini. Sesekali buka di pc biasanya karena pengen lihat profil seseorang yang baru ditemuin di Twitter atau Youtube aja. Alasannya sebenarnya karena aku kayak ngerasa I'm sick of people updates, sepertu ada perasaan enek apa capek gitu ngeliat sambil mikirnya tapi tetep dilakuin. Lebih banyak mengalihkan ke personal chat atau malah nelpon, kayak ngucapin semangat sempro ke adik adik tingkat, nanyain kabar ke temen temen yang lagi kerja, ngomongin kabar organisasi kampus, atau curhat curhat sampe bego sama temen temen deket. Sejauh ini sih tetep nggak merasa tertinggal informasi karena masih ada Twitter dan Youtube.

Yap itu lah empat point yang menjadi pembaruan di hari ke 83 ini. Tidak banyak, tapi semoga terus berkembang karena bukan kah itu yang lebih penting? Semoga kita semua selalu mempunyai perasaan tidak nyaman ketika hidup hanya itu itu saja. Katanya sih jodoh itu kan cerminan diri jadi terus saja improve dan mencintai diri sendiri supaya yang datang nanti adalah yang kualitasnya juga oke *wkwk salfok bahasan*

Hwaiting mi amigos!

Komentar

Popular Posts

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

Asisten Praktikum : Bertransformasi

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)