#KPLyfe : I'm on the peak!

Hari ini secara resmi aku tuntas menyelesaikan Kerja Praktik, dan menuliskan seri terakhir dari #KPLyfe (baca : #KPLyfe : Belajar dan Bermimpi #KPLyfe : Namanya Juga Riset, ya kan Deadline?) ehehehe.

Di detik-detik berakhirnya KP, akhirnya semua serasa diberikan kemudahan. Mulai dari sampel yang jadi tidak terlambat, analisis XRD yang dipercepat oleh operator padahal ada diantrian ke 60, sampel yang terbatas tapi akhirnya cukup untuk analisis FTIR dan XRD, hasil analisis yang keluar tepat pada waktunya (h-1 banget yang ini), dan hasil XRD yang dapat memuaskan pembimbing.

Diberikan tawarin untuk melanjutkan tugas akhir dengan melanjutkan penelitian yang sudah dilakukan, aku bersyukur sekali. Terlepas dari nanti akan seperti apa, ternyata pembimbing lapangan disini begitu percaya dengan kinerja penelitian kami (aku dan Defi). 

Nggak banyak sebenarnya yang ingin aku ceritakan, intinya aku sangat senang dapat melakukan kerja praktik disini. Terlepas dari keterbatasan yang dialami selama melakukan penelitian disini, tapi aku menemukan satu tempat yang menarik untuk pengalamanku dan beberapa orang yang menginspirasi untuk pembelajaranku.

Dari sini juga aku bertemu dengan berbagai macam teman dengan kultur daerahnya masing-masing. Ternyata Indonesia seriusan kaya ya.

Bersama pembimbing lapangan. Kiri ke kanan : Defi, Mbak Rina (Background fisika yang kuat dengan seluk beluk XRD dan analisanya), Bu Hanif (Pembimbing Lapangan 2, background kimia), aku.
Foto di atas diambil setelah persentasi hasil selesai dilakukan. Leganya bukan main, one step ahead lah pokoknyai. Seharusnya ada lagi satu orang yang mengantarkan aku dan Defi mulai dari awal pengajuan sampai selesai - yang sering meninggalkan, tapi nggak lupa menanya progres dan kabar - Pak Jarot. Terima kasih banyak Pak atas bimbingannya selama ini. Huhu nggak bisa foto bareng:(

Periode KP tahun ini di PTM ada beberapa universitas, sungguh ruangan untuk mahasiswa nggak pernah sepi dan mungkin jadi ruangan paling ramai se PTM. Ditambah lagi dengan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir / skripsi dan thesis. Ada dari Universitas Negeri Jakarta, Universitas Lampung, Universitas Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Sekolah Tinggi Manajemen Industri, Universitas Negeri Jember, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, dan Institut Teknologi Kalimantan. 

Nih foto fotonya.

Kiri ke kanan : Defi, aku, Mbak Ririn (Fisika UNEJ, TA), Mbak Windi (Kimia UINSH, TA), Mbak Meilani (Teknik Kimia UI, thesis), Jumalia (Teknik Mesin Unila, KP), Mas Lukmana (Masnya bukan mahasiswa tapi juru kunci segala lab di PTM, nggak ada alat yang dia nggak bisa operasikan di lab hh), Agung (Teknik Mesin Unila, KP), Yanuari (Teknik Mesin Unila, KP), Thessa (Teknik Mesin Unila, KP). 

Foto sebagai ungkapan terima kasih dengan Mas Lukmana, yang paling sering bolak balik semua lab setiap harinya bantuin kita yang masih cetek makai alat

Yang jilbab merah bata adalah mbak yang sedang mengerjakan Tugas Akhir dan hampir selesai jadi jarang ke PTM (aku nggak tau namanya siapa......) dan yang paling kanan Mbak Sisil (Fisika UNJ, KP)


Mbak Windi, yang lagi ngerjain tugas akhir tentang GDC, satu pembimbing lapangan, paling sering nikmatin manis pahit bersama. Huhu nice to know you, mbak:(( 
Amanda (Teknik Fisika ITS, KP) masuk bareng, keluar nggak bareng. Cantik ya dia.

Serpihan Antares di PTM! Kiri ke kanan : Defi, aku, Setyono, Sultan, Al.

Selain semua orang yang disebutkan di atas, masih banyak pelumas-pelumas handal di PTM yang membantu mensukseskan proyek nanomaterial ini, diantaranya Bu Yanti (yang paling takut kami pulang dengan tidak membawa data), mbak Sefni dan mbak Ami (laboran handal, yang siap direpotin nyiapin alat dan bahan untuk sintesis), mbak Idham (asisten pak Jarot), mbak Fitri (membantu suksesnya data XRD), mbak Vita (operator XRD yang sangat baik hati), mas Budi (siap siaga untuk dipesanin makan siang), dan bapak ibu warga PTM lainnya yang sangat ramah dan peduli. Udah kayak latar belakang, belom?

Sudah terlalu panjang, nanti nggak ada yang baca malahan. Sekian seri #KPLyfe ini, suatu pengalaman yang berhasil aku tulis lengkap di dalam blog (hore), see you very soon everyone!

Note : Untuk yang ingin tau seputar kerja praktik di PTM BPPT, ditunggu postingan khusus ya hehe

Komentar

Posting Komentar

Popular Posts

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

Asisten Praktikum : Bertransformasi

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)