#KPLyfe : Belajar dan Bermimpi

Salah satu hal yang aku sangat sukai dari sebuah perjalanan adalah menciptakan satu atau lebih mimpi baru. Membayangkan bahwa aku sedang menatap aku di masa depan, di posisi itu. Sehingga itu membuatku untuk semakin menguatkan semangat, memang benar tidak ada yang dapat menolong masa depan kita selain diri kita sendiri.

Hal yang sama aku alami ketika aku akhirnya diberi kesempatan untuk Kerja Praktek di pusat penelitian terbesar di Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Dan aku mengerjakan sebuah proyek penelitian yang sedang hype di dunia material, REE (Rare Earth Elements) di bawah unit kerja Pusat Teknologi Material dengan topik nano ceria. Sebuah hal yang aku impikan ketika aku memasuki semester 6 kemarin, kerja praktek di sebuah badan penelitian yang fokus pada riset material.

Hal lain yang aku impikan sejak aku dengan mantap memilih fisika material sebagai bidang peminatanku adalah dapat masuk ke laboratorium material yang sesungguhnya dan nge-lab disana (waktu itu mikirnya, terserah mau ngerjain apa pokoknya nge-lab). Dan akhirnya disini, aku berkutat pada Laboratorium Nanomaterial yang merupakan salah satu laboratorium di PTM. Aku luar biasa bersyukur sekali, karena dengan kerja praktek ini sangat banyak hal yang benar-benar baru aku dapatkan mulai dari semudah cara mencuci alat laboratorium yang benar sesuai dengan chemical laboratory procedure (yang ternyata ribet banget) sampai mengoperasikan salah satu alat karakterisasi yaitu Particel Size Analyzer.

Sebuah pelajaran yang aku ambil dari tempat ini selain tentang bagaimana riset itu sendiri adalah tentang sebuah kerendahan hati. Di tempat ini, aku bertemu dengan banyak orang yang sudah punya pengalaman riset yang luar biasa. Mereka peneliti yang lahir dalam bentuk doktor dan profesor (glad to know you, Pak Bu), interaksi yang jarang sekali aku alami selama menjadi mahasiswa. Hal yang menarik adalah mereka begitu hangat dalam menyambut kami, mahasiswa (yang katanya dari jauh) yang masih banyak kosongnya tentang pengetahuan seputar aktivitas riset material. Seorang doktor bahkan mengajari kami perhitungan stoikiometri dengan sangat sabar berhubung kami terakhir mendapatkan materi itu saat tahun pertama, hal sesimpel itu sampai membuat aku pribadi sangat nyaman menanyakan hal apapun tanpa khawatir mendapat respon yang kurang baik karena ilmu mereka yang sudah tinggi. Intinya aku hanya memilih untuk mengambil sebanyak banyaknya informasi, bertanya sebanyak banyaknya hal yang aku bingungkan, dan belajar sebanyak banyaknya apa yang belum aku dapatkan selama perkuliahan di kampus.

Mengenal iklim, lingkungan, dan subyek riset membuat aku sangat ingin untuk mewujudkan mimpiku. Melanjutkan studi setelah lulus S1, tumbuh dalam lingkungan riset, dan tidak berhenti membagi ilmu yang aku punya ke orang lain. Walaupun aku sampai saat ini masih merasa tidak mungkin, rasanya kalau kita berusaha pasti Allah akan memberikan jawaban terbaikNya

Semangat KPnya bagi kamu yang menjalankan! Urusan hati dan mimpi itu beda tipis, tergantung mana prioritasmu untuk masa depan hehe bye!

Komentar

Popular Posts

Asisten Praktikum : Bertransformasi

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)