Rine, ITS Robotics (Gerigi ITS 2015)



Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer. Untuk sebagian orang mungkin beranggapan bahwa Robotika adalah hal yang biasa. Namun menurut saya itu adalah luar biasa. Saya selalu penasaran bagaimana orang-orang itu mampu menciptakan benda mati bias menjadi hidup bahkan sampai sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Untuk tipikal orang penyuka tantangan, ini adalah hal yang harus dicoba.
Robotika termasuk salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang menarik perhatian saya sehingga saya berencana akan bergabung dalam UKM yang disebut ITS Robotics ini. Alasannya karena saya suka hal yang baru dan Robotika ini adalah salah satu hal yang saya temukan di ITS. Untuk itu dalam essay ini, saya mengangkat UKM ITS Robotics agar saya dapat memahami lebih mendalam tentang Robotika ITS ini.
Tahun 2014 ini prestasi gemilang kembali diberikan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bagi Indonesia oleh kemampuan tim robotika mahasiswa ITS yang mendapat pengakuan secara internasional. Robot ITS yang diberi nama RINE berjaya di kontes robot Abu Robocon 2014 yang berlangsung di Pune, India.
Setelah berhasil menjadi pemenang grup pada babak penyisihan awal, RINE pun kembali harus berjuang di babak quarter final. Menurut salah seorang anggota tim, Irfan Fachrudin Priyanta, pada perempat final, ITS harus berhadapan dengan tim asal Malaysia. Ketegangan pun terjadi pada babak ini dikarenakan kekuatan robot RINE dengan lawannya bisa dikatakan cukup seimbang. Meski begitu, lagi-lagi RINE dapat mempertahankan kestabilan kecepatannya. Hal inilah yang membuat RINE kembali ditetapkan sebagai pemenang pada babak quarter final ini.
Berhasil lolos perempat final, Indonesia pun kembali mendapat lawan yang tidak kalah tangguh, yaitu tim asal Vietnam. Vietnam merupakan juara dunia yang pernah mengalahkan tim Indonesia pada kontes robot di Hongkong dua tahun silam.

Banyak yang sempat ragu RINE bisa menyaingi robot buatan negara Vietnam itu. Dugaan ini terbukti ketika di akhir pertandingan, robot RINE bergerak lebih lambat dibandingkan robot buatan Vietnam. Namun ternyata, ITS berhasil meraih 2nd runner up dan best engineering award dalam perlombaan internasional bergengsi ini.
Pada tahun 2013 ITS sempat pula mengikuti kontes Abu Robocon yang diadakan di Hongkong. Namun, ITS hanya mampu membawa Indonesia mendapatkan Toyota Award. Dan pada tahun 2014, ITS membuktikan peningkatan kualitasnya. Harapan kami, semoga ITS Robotics akan selalu berkembang menjadi lebih baik, selalu membawa nama Indonesia di kancah robotika lingkup nasional maupun internasional, dan mampu menyabet gran prix mengalahkan Negara-ngera unggul lainnya dalam kontes Abu Robocon ataupun kontes Robotika lainnya pada tahun-tahun selanjutnya.
Institut Teknologi Sepuluh Nopember termasuk dalam kampus bonafide di Indonesia. Terkenal dengan prestasi-prestasinya yang sudah tidak perlu diragukan kembali. Untuk itu, harapan kami semoga ITS dapat selalu mempertahankan eksistensinya dalam berbagai ajang-ajang kompetisi, serta membawa Indonesia menjadi maju di mata dunia. Vivat ITS! Jaya ITS!

Komentar

Popular Posts

Asisten Praktikum : Bertransformasi

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)