Minggu 7/480


We through our first month work!

Ada beberapa hal yang aku notice di sebulan pertama kerja adalah "ada juga yang kepake dari kuliahan". Kerja nggak linear sama jurusan kuliah mengharuskanku untuk belajar semuanya dari dasar, karena emang nggak ada dapet waktu kuliah. Nggak nyesel milih pekerjaan ini sih, dinikmatin aja. Nggak nyesel juga pernah susah belajar fisika terus kerjanya nggak dipake. Entah kenapa ngerasa aku yang sekarang adalah aku karena aku kuliah fisika dan itu di kampusku itu. Eh gimana ya ngejelasinnya. Maksutnya, aku tuh terbentuk disana dan nggak nyesal dengan lingkungan yang membentukku saat itu. Gitu deh pokoknya.

Coba ya aku ingat-ingat dulu apa yang masuk di kepalaku sebulanan ini.

Dasar itu penting. Tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) ku secara menyeluruh adalah mengajar dan bergerak di pendidikan (baca juga: Minggu 1/480). Hal itu membuat aku harus mempelajari sistem pendidikan secara khusus dan menyeluruh. Selain itu aku juga harus akrab dengan perangkat mengajar. Mengajar sendiri udah punya pengalaman, tapi mengajar dengan sistem sama sekali belum. PRku banyakkk!
Nah sebenarnya ada dua pilihan dalam mengerjakan tupoksi, mau cepet selesai atau engga. Kalo mau cepet selesai tinggal nyalin perangkat mengajar dari internet karena semuanya bener bener ada. Tapi waktu mau kayak gitu tuh kayak ada ganjel di kepala. Ah masa ngopas aja noob. Setelah dipikir-pikir emang dari kuliah itu fisika nggak semudah itu dapet penyelesaian di luar sana, ada tapi udah bisa dipastikan konsepnya ngga bakal dapat dan kerasa kesusahannya pas udah mau ke chapter selanjutnya. Entah kenapa pola pikir itu kebawa sampe sekarang. Akhirnya maksain diri buat belajar cari tau ngerjain tupoksi dari dasar, sampe pusing juga kepala ini baca dasar hukum mulu. Tapi aku senang senang juga sih, jadi kalo ada yang nanya itu ngejelasinnya bisa runtun dan terstruktur terus orang lain juga jadi lebih paham hehe. Keep it up pewe!

Terencana dan terstruktur itu harus. Salah satu kebiasaan yang pengen banget aku baikin di lingkungan kerja ini adalah dadakan. Project mendadak, rapat mepet waktu, info hanya lewat chat whatsapp, bagi job main tunjuk uwh ingin marah! Waktu kuliah udah biasa dibebani sama akademik dan organisasi jadi apa apa harus udah disusun rencananya, dampaknya aku bener-bener kelabakan sama sesuatu yang dadakan dan kesel sama orang yang ngentengin plan. Waktu di PSDM juga udah jadi kebiasaan mending sering rapat daripada rapat lama dan mepet, semua serba ditimeline, plan nggak cuma satu, worst case harus selalu dipikirin. Alhamdulillah kebiasaan kayak gitu bisa kebawa kesini pas aku jadi peserta rapat atau menanggapi kebijakan yang masuk, bisa jadi lebih tanggap dan kritis aja hehe. Mantap juga kepala saya ini wkwk.

Agak ngghhh sama pelanggaran. Apa ini bisa disebut idealisme anak yang baru lulus ya? Kata temen kerja yang uda lebih senior sih gitu. Karena aku baru masuk dunia ginian terus dikasi liat sedikit banyak gelapnya tempat ini. Kayak langsung, ih ih kok gitu sih. Banyak kagetnya, keselnya lumayan. Ngeliat sesuatu yang fake itu kayak errr banget. Sampai sering dibilangin orang kantor yang lebih senior, "kamu bisa melihat orang yang saling membenci tapi bisa ketawa bareng" atau "kamu bisa dianggap orang jahat padahal kamu niatnya bener bener cuma mau bantu orang" atau "kamu harus terpaksa nutupin kejahatan karena keadaan nggak bisa jadi lebih buruk". Kalo udah lihat orang fake begitu aku udah langsung maki maki dalam hati atau maki maki ke temen yang biasa maki maki bareng. Ternyata setiap orang punya orientasi yang berbeda dalam bekerja, ada yang cuma mau kenyangin perut, bagusin rumah atau beli mobil baru. Di dunia pendidikan sekali pun nggak semua orang menjalankan sistem karena tau sedang bertanggung jawab terhadap hajat hidup orang banyak. Ngerasa serem, sampe sekarang.

Kekhawatiran yang sempat aku tuliskan ternyata sampai sekarang masih menjadi kekhawatiran huhu. Semoga aku masih kuat membentengi diri untuk membedakan yang benar dan yang salah. Aku juga berharap bukan hanya untukku tapi juga untuk 6 teman seperjuangan lainnya, semoga selalu sepakat melangkah seperti saat ini :')

Semangat! Kerja sisa minggu depan dan hanya tiga hari, sembari nunggu notifikasi tunjangan hari raya dan gaji kedua di sms banking wkwk.

Met puasa dan menyambut libur sembilan hari all!

Komentar

Popular Posts

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

Asisten Praktikum : Bertransformasi

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)