Tentang Body Shaming

Belakangan ini mantengin timeline twitter selalu aja ada thread yang bahas tentang body shaming. Rata rata ditulis sama cewek, common objectnya body shaming. Sampe peristiwa komentator AG2018 soal Lindswell Kwok dapet gold medal aja katanya ada bentuk body shaming.

Body shaming sendiri bisa diartikan sebagai bentuk penilaian, lebih ke penilaian yang diungkapkan tentang bentuk fisik dari pribadi seseorang. Baik dalam konteks negatif maupun positif. Output paling utama adalah bentuk mempermalukan orang lain, tapi makin kesini aku melihat output lain yaitu apa yang menjadi habit seseorang saat pertama kali menilai orang lain. Dan ini dapat menjadi impact yang buruk kalo habit tersebut udah bekerja secara massive.

***

Aku beberapa kali ngalamin peristiwa yang mungkin menurut beberapa orang biasa aja tapi menurutku ini habit yang buruk. Misalnya lagi ngumpul ngumpul sama temen, terus pengen ngedokumentasikan lewat foto atau sejenisnya. Pas udah foto, pengen upload. Terus ada satu dua tiga atau banyak kali ya ngomong, "ih aku jelek disitu" "jangan upload yang itu aku kucel" "eh apus dong aku gendut disitu" etc etc. Dan itu keluhan yang annoying menurutku. Ya itu namanya insecure, but why you should keep yourself good for others? Lah yang mau dibagi kan momentnya, bukan muka situ!

Cerita lain lagi. Waktu itu aku sama temen cowok lagi mantengin instagram cewek cewek. Terus doi nyeletuk, "eh putih banget pew" "ih mulusnya" "cantik banget nah". Terus lagi upload igstory sama temen, ntar ada yang ngereply "kenalin dong pew". Oh sekarang aku ngerti kenapa kalo upload foto itu ngga boleh kelihatan kucel:')

***

Ternyata body shaming itu dampaknya bisa bikin insecure. Ntah jadi korbannya langsung atau ngeliat korban lain. Aku disini ngomongin spesifik emang ke cewek sebagai objeknya. Jadi sebenernya ada berapa persen cowok di dunia ini yang begitu ngelihat foto cewek ngga langsung fokus ke cantiknya? Ya ok mereka akan bilang ini alamiah, I deserve it. Tapi yang menjadi agak sampah adalah kalo alesan ini bikin penilaian seseorang akan turun. Oh tidak, mungkin otaknya emang cuma segede bola matanya aja.

Pernah ngelihat komentar cowok ke cewek yang lagi bahas soal body shaming di twitter. Mas itu ngomong gini, "emang lu ngga pernah lihat foto cowok oppa oppa korea tuh terus lu puja puja kegantengan plastiknya". Aku sangat mengerti di luar sana banyak kpopers alay luar biasa yang memuja muja kegantengan mereka secara jelas. Tapi kalo aku sendiri ngga ngerasa begitu. Aku juga punya penilaian mana cowok ganteng mana yang enggak. Tapi aku sama sekali nggak pernah ngomentarin kalo ada cowok yang item, bopeng bekas jerawatnya banyak, atau rambutnya kayak vocalis kangen band. For me, talking about others face (or body) isn't interesting AT ALL. 

Tapi body shaming sampe saat ini hanya menjadi individual preference yang ngga berparameter. Apakah kalo bertingkah A udah termasuk body shaming atau cuman lebay. Tapi kayaknya apapun yang dilakukan, sudah seharusnya memiliki habit untuk bisa menjaga perasaan orang lain. Apalagi ke orang yang kita tuh ngga deket deket banget, ngga tau batasan dia bakalan tersinggung atau ngga. Ya dijaga ajalah. Punya temen baperan itu ngga asik. Tapi punya temen yang mulutnya kayak kompor minyak juga sama ngga asiknya.

***

Maaf jadi kayak marah-marah. Abis gatel banget liat temen-temen yang menjadikan moment di sebuah foto jadi kalah sama gimana ngelihat doi di foto itu udah cantik apa belom. Gemes.

Komentar

Popular Posts

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

Asisten Praktikum : Bertransformasi

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)