Marahin Adek

Belakangan ini keluargaku lagi cukup hectic. Hectic nyari sekolah buat Wipa yang bentar lagi udah waktunya lulus sekolah. Ini juga gara-gara dia nggak lolos SNMPTN dari seleksi sekolahnya. Ditambah lagi dia bukan SMA, tapi SMK. Dan yang lebih parahnya dia nggak suka belajar. Hal ini bikin serba salah buat mencarikan jurusan apa yang pas buat dia. Padahal aku sudah terlalu ingin punya adik anak teknik industri haha.

Hari ini aku lagi marah banget sama dia. Mama aku baru aja ngasih tau info soal pendaftaran sekolah kedinasan, aku dan orang tua udah excited buat nyuruh dia milih mau yang mana dan segera daftar. Terus dia hanya bilang, "nggak minat, jauh di jawa". Kalau saja aku sekarang sedang ada di dekatnya pasti sudah kuteriaki dia seenaknya menolak, diajak berjuang sedikit nggak mau. Aku merasa sudah tau rasanya kuliah yang belum pasti setelah ini akan jadi apa. Belum lagi kalau buat ngejar akademik di kampus sudah ngoyo. Soalnya aku tau banget, dia anaknya pasrahan. Pengen banget bisa nyiptain kondisi yang mau nggak mau maksa dia buat berusaha lebih keras. Aku pengen bikin dia keluar dari zona nyamannya. Ya intinya aku mau bikin dia jadi lebih baik aja lah.

***

Sampai aku akhirnya masuk kuliah, kayaknya banyak pilihan yang nggak aku buat sendiri. Banyak yang dipilihin papa. Ya beliau keras, dan aku nggak berusaha buat ngelawan juga. Mulai dari milih SMA, milih jurusan IPA, milih kampus, dan milih jurusan kuliah. Aku nggak pernah tiba-tiba kepikiran mau apa apa waktu itu. Papa nyuruh itu ya aku ikutin. Tapi aku nggak pernah menyesal dengan pilihan yang dipilihkan beliau, sampai hari ini. Karena pada akhirnya papa tau kapan waktunya buat ngelepas aku nentuin hidup aku sendiri. Mungkin waktunya adalah saat ini. Aku udah nggak pernah lagi disuruh ini itu, ditanya IP aja nggak pernah. Padahal dulu kalau ranking aku di kelas turun, beliau murka sehari semalam. Nggak ding, begitu ngeliat aku leyeh leyeh di rumah pasti diungkit lagi.

Tapi aku sadar banget sih, orang tua itu jelas udah tau susah-susahnya hidup susah-susahnya nyari kerja itu gimana. Dan pasti mereka pengen anaknya nggak ngalamin apa yang mereka rasain. Dan pasti mereka akan menunjukkan jalan mana yang baik berdasarkan pengalaman mereka. Aku dulu nggak pernah tau minatnya sama apa, tapi akhirnya sekarang dengan pilihan beliau yang coba aku jalankan ternyata aku bisa menemukan minatku dimana. Jadi sebenernya ini gimana soal kemampuan kita untuk memaksakan diri bertahan aja. 

***

Gara-gara kejadian marah-marah ini, aku tiba-tiba kepikiran suatu hal. Jangan-jangan kalau nanti aku udah jadi orang tua, aku bakal diktator banget ya sama anakku. Haha nggak papa juga sih, biar dia tau kalo hidup itu nggak enak dan emang harus berjuang.

Komentar

Popular Posts

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

Asisten Praktikum : Bertransformasi

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)