What I did in a day (currently)

 

Ingin berterima kasih sama Amel yang udah ngereply tweet diatas, bahkan ended up kita tukaran nomor Whatsapp (setelah sekian lama lost contact, dia kuliah di Rusia dan aku di Balikpapan) dan lanjut ngefollow up aku udah nulis lagi atau belum. Padahal dulu SMP sampai SMA kita klop banget kalo udah ngomongin temen-temen seangkatan dari abis ashar sampe bunyi masjid mau maghrib. Thank you ya Mel...

Hasil dari perenungan lama nggak nulis itu membawa aku ke aku di tahun 2017-2018. Dimana kayaknya itu adalah jaman keemasan blogku deh. Bukan karena apa-apa tapi karena aku rajin banget nulis. Waktu itu juga ada yang suka follow up, yaitu Habel. Ditambah lagi saat itu aku lagi ngikutin beberapa blog secara rutin. Sesuatu yang aku nggak lakukan sejak lulus kuliah. I miss old me, sebenarnya.

Daripada nggak nulis-nulis, dan hanya ide ini yang muncul dari minggu lalu akhirnya aku putuskan "ayo Pew, kita mulai, break your limit!". Sumpah ya kenapa aku semenjak kerja makin ngga mindful sama hari hari yang aku lewati. Aku stuck sama kerjaan aku, dan selalu menjadikan itu alasan kalo aku tuh udah capek mikir di kantor. Padahal kalo diingat-ingat lagi, dulu kuliah dari pagi sampe sore juga sama aja capeknya kok. Dasar alasan aja.

Jadi di tulisan ketiga di tahun 2021 ini, dengan penuh ketiadaan ide, aku mau share sedikit kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin aku puas dalam melewati satu hari hehe. Here we go....


1. Bikin "List To Do" setiap akan memulai pekerjaan.

Lingkungan tempat aku bekerja bisa dibuat menjadi susah, dan bisa dibuat menjadi mudah. Bisa dibuat menjadi tempat tumbuh dan berkembang, bisa juga tidak. Karena mau memilih yang mana pun, sama-sama masih bisa foya-foya. Tapi berkahnya tanggung masing-masing ya hehe.

Hal yang selalu aku lakukan dan aku selalu puas dalam melakukan itu adalah selalu bikin "List To Do" setiap hari. Biasanya aku buat H-1 atau kalo lupa bisa di hari itu juga saat baru nyampe kantor. Kenapa bisa bikin puas? Karena dalam mengerjakan pekerjaan seharian itu jadi berasa ada guidance nya aja. Selain itu juga bisa memaksimalkan waktu dan efisien dalam bekerja. Nggak bingung apa lagi bahan-bahan yang belum ditindaklanjuti. Dan if you know how it feels ketika melihat semua list terchecklist tuh, pulang ke rumah enakkk banget. Kayak puas banget. Setelah itu apresiasi diri sendiri "kamu bagus banget sih kerjanya hari ini" hihi <3

Sebenernya kebiasaan ini sudah aku lakukan dari waktu mahasiswa baru. Dulu SC ku yang ngajarin management yang seperti ini. Dan mulai sejak itu aku nggak pernah meninggalkan kebiasaan ini. Padahal caranya simpel banget, cukup pake pouch note gitu dan bisa list tiap hari apa aja yang perlu dikerjakan. Sebenarnya ini berlaku nggak cuma buat manage kerjaan kantor. Kita juga bisa manage keseharian pakai ini. Aku melakukannya sewaktu kuliah. Tapi semenjak balik ke rumah, dan kehidupan di rumah terlalu dinamis, akhirnya sementara ini aku tidak melakukannya kembali. Dulu juga pernah nyoba pake bullet journal gitu yang dihias aestetik gitu, tapi ternyata bukan aku banget, yang maunya simpel tapi manfaatnya sama. Ujung-ujungnya aku kembali ke metode yang fit di aku aja. Intinya apapun itu, planing A-Z is truly me:)


2. Masak

Beberapa temen-temen aku pasti akan berpikir masak itu bukan Pewe banget. Bener aja sih... aku aja nggak nyangka bisa ada di step ini sebenarnya. Hasil dari keributan dua malam satu hari yang jadi reminder banget buat aku kalo skill ini itu penting buat aku punya. Akhirnya dari nyoba-nyoba supaya tau rasanya, terus sekarang jadi keterusan dan bisa jadi rutinitas harian. Salah satu cara juga untuk mendistraksi aku dari kasur dan hp kalo lagi di rumah, ya killing time di dapur sih, entah itu masak atau food prep. Suprisingly it's fun. 

Jadi sekarang aku biasanya pagi bikin bekal buat ke kantor, karena aku baru bisa nerima makanan diatas jam 8 pagi. Yang biasanya bekal itu udah aku food prep dari malem hari, jadi subuh subuh tinggal manasin atau tumis tumis aja. Malamnya, karena ART udah pulang biasanya aku masak buat makan malam orang rumah. Masak juga bisa jadi tempat aku healing time dan nggak keseringan overthinking (penyakit rutinankuu). Can't wait buat masakin anakku suatu hari nanti, kayak udah kebayang aku bakal food plan banget makanan buat anakku nanti. Kayak seru sih hahaha...

Dan ternyata nggak secapek itu juga meskipun udah seharian kerja, pulang mampir ke pasar, nyampe rumah jadi lebih sore dari normalnya, abis maghrib masak dan food prep.

Makasih yang udah bikin aku nemu turn point ini, meskipun awalnya aku ngebantah banget hehe <3


3. Olahraga

Kalo yang ini belum lama, tapi sebenernya rajinnya naik turun. Naiknya bentar, turunnya lama banget. Padahal aku tuh udah pernah ngerasain manfaat dari olahraga untuk keademan mood aku, dan kondisi badan aku. Tapi kenapa masih nggak bisa konsisten yaa. Baru-baru ini mencoba memulai lagi. Dengan dorongan yang susah banget, jadi masih suka bolong bolong huhu:') tapi semoga Pewe bisa konsisten.


Kayaknya cuma tiga itu deh, hal-hal yang bisa membuat aku bersyukur sama hari-hari yang aku jalanin. Harapannya semoga konsisten, atau bahkan aku bisa nemukan habit-habit mindfullness lainnya lagi. See you (cepet-cepet nulis lagi ok).

Komentar

Popular Posts

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

Asisten Praktikum : Bertransformasi

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)