why people must think how others think?

Menulis sebenarnya bukan masuk di list-to-do ketika saya sudah sadar semester 5 dengan 23 sks, asisten laboratorium, dan asisten dosen saja sudah make me feel like in sprint arena, lari jarak pendek. Masi jarak pendek kok, makanya masih sangat haram untuk dikeluhkan.

Ketika punya jeda waktu libur bentar, Alhamdulillah bisa balik bentar walaupun gatau kenapa I am totally pemikir atau gimana sama tugas kuliah di next week yang udah meraung-raung di otak minta secepetnya digarap, kan nyebelin ya kepikiran terus:( Tetep aja meskipun udah di rumah jam 9 malam buka catatan Medan Elektromagnetik dan sedikit review Fisika Matematika I, pas ade-ade udah pada tidur. Sudah gamau masuk dalam generasi wacana aja, planning sana planning sini yang kegarap cuma ampas tahu kayak liburan ramadhan kemarin katanya sih mau buka buku Toefl Preparation minimal ngerjain yang reading, gataunya keasikan movie marathon. Ironi.

Dari dulu, dulu banget pengen bisa ngeblog tiap minggu. Harus disempetin gimana pun caranya. Ntah nulis hal-hal yang ga penting (emang selalu ga penting sih), at least ada pemikiran tiap minggunya yang harus saya tulis. Buat liat aja sih progress pola pikir diri sendiri nambah atau stagnan aja. Tapi yawacana. Udah diburning sama blognya mas liberalis habelvegakusuma.blogspot.com padahal, tetep aja mager ini yang menang. Akhirnya postingannya dia udah berapa saya baru posting lagi:(

Why people must think how others think? 
Intinya pengen ngungkapin hal yang epic di Indonesia, yang sebenernya wasting time buat diri sendiri. Mikirin apa kata orang. Ya gak sih? Or is it just my over thingking (again)?
Jadi ceritanya Jum'at kemarin sebelum waktunya anak rantau balik ke rumah masing-masing buat lebaran bareng keluarga, saya dan dua orang kakak tingkat - namanya kak Aveni dan kak Elfa - main bentar soalnya weekend ini gabisa main bareng. Ga main sih, cuma ke Giant beli BreadTalk (lagi pengen cheese cake, gataunya lagi kosong) sama nganterin kak Elfa ke Naughty - toko cewek (banget!) - terus minum cola di GFC, haha being happy is simple.
Terus di perjalanan pulang, kebetulan saya bonceng kak Aveni dan kalo boncengan sama si kakak ini jarang banget diem-dieman, ada aja yang diobrolin dari yang penting sampa cuma ngitungin udah berapa cewek yang hari ini pake baju cyphon dengan jilbab yang ujungnya lancip badhay di sepanjang perjalanan. Tapi yang hari ini kami cerita yang agak berat dan bikin saya mikir sampe sekarang, hidup itu soal value dirimu bukan takut orang mikir apa tentang dirimu.
Bad habitnya orang Indonesia banget, kepo dan agak sentimen dengan perspective orang lain. Idk, meskipun saya orang Indonesia jujur agak saya risih dengan dua hal ini sih. Meskipun gamau bilang ga pernah ngelakuin juga kadang masih sibuk dengerin gosipan temen si ini sekarang sama siapa dan si itu ternyata sekarang udah putus. Tapi belakangan ini I personally think kenapa saya harus se-wasting time gitu, udah dosa dan useless banget. Padahal kalo ditinjau ulang, kenapa harus ngurusin hidup orang? Hidup sendiri udah rapi dan bener? Pada kenyataannya, intropeksi diri dulu baru intropeksi orang lain itu bener.
Lain lagi yang kadang saya aja benci banget kenapa saya harus punya pikiran kayak gini secara periodik, iya sering banget sampe sekarang mikirin gimana gimana kata orang. "kalo aku gini, ntar mereka mikirnya gimana ya?" atau "yaampun kok kamu gini sih, ntar mereka mikir gitu gimana? ntar kamu dikira gini gimana?". Jujur itu pemikiran sampah, perusak keyakinan.

Kenapa sih kok tiba-tiba jadi mikir gitu?
Nah ini sebenernya nyambung sama saya yang (insha Allah) dua tahun lagi udah dapet gelar Sarjana Sains dan (kurang lebih) sebulan lagi turning 20 y.o. It means, menurut saya sih udah waktunya dari sekarang punya visi hidup aja, dan kepo-dan-mikirin-apa-kata-orang adalah penghambat visi. Mimpi udah punya, doa dan usaha lagi dijalanin, surely meminimalisir aja sih hidup kedopping sama akhlak akhlak buruk, salah satunya ngurusin orang dan negatif pffttt. Satu lagi yang menurut saya bahaya banget, mikirin apa kata orang yang sebenernya belum tentu dipikirin sama mereka itu jelas bikin krisis kepercayaan diri dan kalo terus-terus hal yang kayak gitu jadi faktor yang mendukung kita dalam making decisions, saya jamin kualitas diri bakalan turun. Cause I've done with that. Ga enak, beneran.

Jadi keinget aja sih sama cerita-cerita temen-temen yang studi di luar negeri. Kata mereka, salah satu hal yang disuka sama anak indo tentang budaya orang luar itu ga ngurusin orang, ga kepo. Kayaknya enak aja gitu jadi hidup lebih adem. Gaada nyinyir di belakang, ga ngurus soal haters. You can do everything you want, tanpa harus liat tatapan nyebelin orang-orang. Kadang gitu sih, karakter Indonesia yang santun dan caring others bener-bener disalahgunakan sekarang. Selain itu juga, pertama kali saya punya temen yang hatersnya banyak tapi dia tetep calm down ga ngurusin dan tetep aja berkelakuan "nambah haters" buat saya makin mudah membuat perbandingan aja soalnya udah ada real life nya. Bel, buat hal yang kayak begini kayaknya aku perlu belajar dari kamu.

Anw, dari semua itu intinya saya cuma pengen bilang aja sih hidup itu terlalu singkat buat mikirin sesuatu yang negatif. Jalanin aja segala yang positif, supaya pikiran positif juga ngikut. Allah itu melihat perbuatan hambaNya dari niatnya bukan dari apa yang dinilai orang lain. Jangan takut salah selagi kita benar. Saya belajar dan kamu juga belajar. Kita sama-sama berubah ke spot yang lebih baik. Dan salah satu cara supaya bisa berubah adalah Just Do It!

Bontang, 12 September 2016

Komentar

Popular Posts

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

Asisten Praktikum : Bertransformasi

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)