Currently Ke(sok)sibukan

Hari ini udah minggu ke dua di bulan Oktober dan udah hampir akhir minggu. Minggu ini spesial buatku. Minggu ini aku dapet banyak pelajaran baru dan bisa kenal hampir 20 orang baru. Minggu ini aku dapet pengalaman yang belum pernah aku alamin sebelumnya. What a surprising week!

Jadi minggu ini aku baru dapet kerjaan. Bidangnya nggak beda sama kerjaan yang aku biasa kerjain, sama sama ngajar. Tapi yang berbeda adalah di tempat aku sekarang nggak hanya ngajar. Menurutku ini udah kerja "beneran". Ada hierarki, udah punya atasan, ada tuntutan, dan ada yang mengharuskan aku untuk menjaga performa, udah ada yang nilai. Di tempat ini juga aku udah janji bakalan all out dan cepet beradaptasi. Jadi pokoknya aku berusaha kenal sama siapa aja yang aku temuin di kantor, dan nampilin performa ngajar terbaik selama di kelas.

Cerita sedikit soal kerja disana. Jadi sebenernya senior aku di kampus, kak Rahman udah nyuruh aku masukin lamaran sejak aku udah sidang tapi belum wisuda. Tapi ntah kenapa banyak banget yang buat nggak jadi maju. Waktu itu udah H-1 interview dengan kondisi udah nyiapin bahan micro-teaching dan aku ngebatalin karena papa aku nggak setuju untuk stay di Balikpapan setelah lulus. Dari hari itu sampai aku akhirnya memutuskan untuk masukin lamaran yang ke dua, kak Rahman nggak pernah berhenti buat ngajakin masuk disana tiap kita ketemu. Alasannya sih karena disana emang butuh pengajar dengan performa yang dia lihat aku punya hahaha I think he taked too high expectations for me, agak beban. Bahkan sampe hari ini tiap mau masuk kelas, aku nggak pernah lupa sama ekspektasi dia.

Yang bikin berasa kerja beneran adalah karena beban kerjaannya udah ada, beda sama kalo aku ngeprivat yang berani bawa kepala kosong kalo ngajar haha. Tiap mau masuk kelas, aku harus bikin Lesson Plan (LP). LP itu kayak kertas yang isinya materi yang akan disampaikan di kelas. Selain bikin LP, aku juga harus ngerjain soal di Modul Drilling (buku kumpulan latihan soal) dan akan dibahas di kelas. Ada lagi, namanya tambahan. Jadi anak-anak disana bener-bener gila tambahan, tiap ada PR dan ulangan pada minta tambahan, sedangkan aku sebagai pengajar harus available. Kesimpulannya, aku harus bener bener membiasakan diri sama banyak materi. Apalagi aku megang anak kelas XII IPA yang juga lagi ngejar SBMPTN.

Minggu pertama aku kerja, ceritanya aku udah mantap banget sama LP dan Modul Drilling. Aku megang tiga kelas, dua kelas XII IPA dan satu kelas IX SMP. Yang aku takutkan hanya mampu atau nggak buat nguasain kelas. Masuk kelas pertama, oke anaknya rame jadi nggak terlalu susah untuk ngambil perhatian mereka di kelas. Tapiiii ternyata mereka minta materi beda sama yang harusnya aku sampaikan. Mereka minta ngulangin materi minggu sebelumnya. Aku udah nyiapin materi Radiasi Elektromagnetik, dan mereka minta dijelasin Arus AC. Beda jauh woy materinya haha!! Seperti biasa, aku langsung panik. Untungnya, aku bawa text book SMA dan bener bener ngereview ingatan sambil tetep ngejelasin di depan kelas. Aku nggak berhenti berhenti ngomong dalem hati, "please Pew jangan ngeblank, 90 menit aja kok". Akhirnya hari pertama selesai. Yang bikin lega dari kelas pertama adalah waktu anak anak pada bilang, "nah gini teh aku baru ngerti, minggu lalu aku nggak paham banget", "teh aku mau tambahan dong", "teh kita sama teteh aja terus kelasnya, jangan diganti". Seneng! Capek capek langsung ilang!!

Ngajar di kelas ke dua. Aku udah nyiapin LP dan Modul Drilling tentang Inti Atom dan kejadiannya sama banget. Mereka minta bahas yang lain. Mereka minta bahas soal-soal yang dikasi gurunya di sekolah dan itu tentang Induksi Elektromagnetik. Tapi kali ini aku nggak terlalu panik, soalnya habis ngasih tambahan materi yang sama. Ya tetep aja panik sih, soal-soal itu baru aku dapet pas masuk kelas. Suka takut tiba-tiba ntar kalo nggak tau cara ngerjainnya gitu. Tapi alhamdulillah lancar haha.

Ngajar di kelas ke tiga, kelas IX SMP. Mereka cuma bertiga dan mereka dari sekolah beda-beda. Kalo dua kelas sebelumnya, mereka dari sekolah yang sama. Sebelum masuk kelas, aku udah dibilangin kak Rahman "kamu bakalan tau rasanya kamu lagi tampil di panggung tapi nggak ada yang merhatiin kamu". Habis dibilangin gitu entah kenapa nggak terlalu khawatir. Tapi pas udah masuk kelas, IYA BENER BANGET. Mereka bertiga diem dieman, nggak ada interaksi sama sekali. Bener-bener di kelas cuma napas doang. Aku masuk kelas, di depan pintu aku say hello dan nggak ditanggepin. Serius aku ketawa perih dalem hati. Aku kenalan pertama, dan mereka pada nunduk. Oke aku tebel muka aja, tetep ngajar, tetep nanya nanya meskipun nggak ditanggepin. Pokoknya aku tanya terus sampe ada kalimat yang keluar dari mulut mereka. Dua tahun aku ngajar, yang kayak gini bener bener nggak pernah kejadian. Untungnya, masih ada satu anak yang sampai akhir performa kelasnya bisa aku naikin. Yang awalnya diem kayak patung, jadi mau jawab kalo aku tanyain. Meskipun suaranya bikin gregetan buat aku yang kalo ngomong biasa nyaring gini. Tapi serius puas banget waktu kelas selesai dia bisa senyum sambil bilang, "pulang teh". Pas aku keluar kelas, teteh-teteh yang lain pada nanyain aku hahaha ternyata emang kelas itu terrraneh. Semua pengajar nggak habis pikir. Target selanjutnya berarti dua sisanya, liat aja kalian!!!

Iklim bekerja disana positif banget bagi aku. Aku nggak dibiarin susah beradaptasi. Aku juga nggak diperlakukan sebagai orang baru, anak bawang yang nggak tau apa apa. Bener bener seru. Minggu pertama aku udah bisa ketawa bareng sama teteh-teteh, meskipun mereka belum tau aja itu level ketawa ku yang masih rendah banget *lol*. Aku bener bener makasih banget sama kak Rahman yang nggak pernah hopeless ngajakin aku kerja disana dan nungguin sampai aku siap. 

***

There are my current activities. Karena ngajar mulainya baru jam 4 sore, paginya aku masih bisa bangun jam 8. Tapi masih harus nyiapin LP dan rajin rajin ngerjain Modul Drilling sih, jadi nggak panik kalo anak-anak request materi ini itu secara mendadak. Aku juga megang kelas XII yang mau ujian nasional dan SBMPTN. Buat masuk di tempat aku ngajar, orang tua mereka juga harus nyiapin 15 sampai 30 juta setahun. Artinya performa pengajar itu sangat penting.

***

Dulu aku berfikir semua orang itu bisa ngajar, asal paham materinya. Ternyata enggak. Ngajar itu passion. Aku baru tau, waktu anak-anak bilang masih nggak ngerti padahal udah diajarin dan ngerti pas aku ajarin. Aku makin merasa passionku disana. Semoga beneran haha. Meskipun beberapa orang masih ada yang ngomong, "ngajar bimbel kan nggak precious", "kamu kan mipa ngapain ngajar". Bahkan orang tua aja masih nggak rela kalo ngajar aku jadiin kerjaan yang emang aku pengen kejar. Sampai sekarang aku masih kepikiran, benar tidaknya aku milih jauh dari rumah dan "hanya ngajar" seperti kata orang tua. But the only thing I can do is enjoy it. And this time, I've got it. 

***

Selama kerja ini, aku usahain untuk buat targetan jangka pendek. Target jangka pendek saat ini adalah bisa ngecilin tulisan di papan tulis dan mampu ngebagi papan tulis jadi lebih dari empat. Sekarang aku baru bisa bagi jadi empat, itu pun ngerjain dua soal udah nggak cukup karena tulisanku gede gede. Gimana kalo ngerjain soal Dinamika Benda Tegar? Pasti satu soal udah nggak cukup. Pengajar Fisika senior di tempat kerja aku bisa ngebagi papan tulis jadi delapan. Epic!!!

***

Apapun yang sedang dikerjakan, semoga kita selalu dalam suasana hati yang bahagia. Dengan alasan apapun. Itu benar-benar tidak apa apa loh.

Komentar

Popular Posts

Asisten Praktikum : Bertransformasi

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

EXERGY: WORK POTENTIAL OF ENERGY (TERMODINAMIKA)