1 Ramadhan


Tulisan 1 Ramadhan. Aku lagi ingin mengenang Ramadhanku sampai yang ke 22 kalinya ini saja.

Aku waktu kecil adalah yang begitu senang dengan bulan ramadhan. Karena bulan ramadhan artinya bisa main sepuasnya. Siang main, habis buka puasa main, habis solat terawih main, dan habis sahur main. Mainannya juga macem-macem. Main petasan, main sarung-sarungan, main sembunyian, main lari-larian, sampai jadi yang sering dimarahin ibu-ibu karena ribut kalo lagi solat terawih. Tapi dulu aku adalah salah satu anak yang nggak pernah ikut ifthar jama'i (red: buka bersama) di masjid rumah. Kata orang tuaku, "kayak nggak punya makanan aja di rumah". Akhirnya aku nggak pernah ngerasain buka bersama sama temen temen mainku itu.

Aku lupa di ramadhan ke berapa aku dan teman-teman akhirnya tidak melanjutkan kebiasaan ini. Sampai akhirnya aku sadar dengan kebiasaan yang sudah berbeda karena sudah berada di lingkungan yang berbeda. Kayak sekarang ini. Sahur ya sahur aja, bukan karena habis itu akan ada temen yang manggil buat ngajak solat subuh bareng terus main. Buka puasa ya buka puasa aja, bukan karena nungguin es campur, gorengan, dan makanan-makanan lainnya yang sudah dibayangkan semenjak imsak. Terawih ya terawih aja, bukan karena bisa ke masjid buat ngumpul sama temen.

Ternyata Ramadhan adalah bukan hanya sebuah momentum, momentum apapun itu yang kita nantikan dan hanya akan terjadi saat bulan ramadhan. Ramadhan itu kesempatan untuk memberikan ibadah terbaik yang bisa kita berikan. Karena ternyata bisa menikmati bulan ini lagi dan lagi adalah hal yang perlu disyukuri. 

Semoga kita semua bisa melewati bulan ramadhan tahun ini dengan sebaik-baiknya. Dan kita berada dalam golongan orang-orang yang merasakan nikmat dari bulan suci ini. Aamiin.

Komentar

Popular Posts

Dioda, Bagaimana proses terjadinya forward biased dan reverse biased?

Aplikasi Penerapan Hukum Joule dalam Kalorimeter (Tugas Akhir Praktikum Fisika Dasar II)

Insecurity is My Middle Name oleh Alvi Syahrin #BukuPewe